Pages

Mekanisme Nyeri


  Tranduksi

Merupakan proses dimina suatu stimuli nyeri dirubah menjadi suatu aktifitas listrik yang akan diterima ujung-ujung saraf. Stimuli ini dapat berupa stimuli fisik ( tekanan), suhu ( panas) atau kimia ( substansi nyeri).
Terjadi perubahan fatofisiologi karena mediator-mediator nyeri mempengaruhi juga nosiseptor diluar daerah trauma sehingga lingkaran nyeri meluas. Selanjutnya terjadi proses sensitisasi perifer yaitu menurunnya nilai ambang rangsang nosiseptor karena pengaruh mediator-mediator tersebut diatas dan penurunan PH jaringan. Akibatnya nyeri dapat timbul karena rangsangan yang sebelumnya tidak mnenimbulkan nyeri misaalnya rabaan.
Sensitisasi perifer ini mengakibatkan pula terjadinya sensititasi sentral yaitu hipereksi tabilitas neuron pada spinalis, terpengaruhnya neuron simpatis dan perubahan intra seluler yang menyebabkan nyeri dirasakan lebih lama.

Transmisi

Memrupakan proses penyampaian impuls nyeri dari nosiseptor saraf perifer melewati kornudorsalis dari spinalis menuju korteks serebri. Transmisi sepanjang akson berlangsung karena proses polarisasi sedangkan dari neuron presinaps ke pasca sinaps melewati neurotransmitter.

·        Modulasi

Adalah proses pengendalian internal oleh sistem saraf, dapat meningkatkan/mengurangi penerusan impuls nyeri. Hambatan terjadi melalui sistem analgesia endogen yang melibatkan bermacam-macam neurotransmitter antara lain endorphin yang dikeluarkan oleh sel otak dan neuron di spinalis. Impuls ini bermulai dari area periaquaductuagrey ( PAG) dan menghambat transmisi impuls pre maupun pasca sinaps ditingkat spinalis. Modulasi nyeri dapat timbul dinonsiseptor medula spinalis/ supraspinalis.

·        Persepsi
Adalah hasil rekonstruksi susunan saraf pusat tentang impuls nyeri yang diterima. Rekonstruksi merupakan hasil interaksi sistem saraf sensori, informasi kognitif ( kortek  serebri ) dan pengalaman emosional ( hipokampus dan amigdala).persepsi menentukan berat ringannya nyeri yang dirasakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar